Sunday, February 26, 2012

Manfaat dan Khasiat Kembang Coklat

Manfaat dan Khasiat Kembang Coklat. Kembang coklat (Zephyranthes candida.Herb.), terna kecil berumbi, warga suku bakung-bakungan, tinggi 15-30 cm, berasala dari Chili dan Brazil. daunnya panjang dan pipih keluar dari bonggol umbi yang terletak di dalam tanah.

Daun agak melengkung, licin. Bunga mempunyai tangkai, tunggal, warna putih dan dadu, berbentuk seperti corong yang menghadap ke atas. Biji warna hitam dan pipih. Umbi berwarna putih dan berlendir. Khasiat Kembang Merak dan Khasiat Kembang Coklat bisa anda baca di blog Tanaman Obat Keluarga Sehat ini.


Nama ilmiah Kembang Coklat: Caesalpinia pulcherrima

Nama daerah Kembang Coklat:
Nama-nama daerah tanaman Kembang Coklat tersebut antara lain merakan (Jawa), kembang patra kembala (Sunda), perak kegel (Madura), bunga kacang (Sulawesi Utara), jambul merak (Melayu).

Kandungan Kimia dan Efek farmakologis Kembang Coklat :
Bunga kembang merak memiliki rasa manis, tawar, dan bersifat netral. Beberapa bahan kimia yang terkandung pada bunga kembang merak diantaranya tanin, gallic acid, resin, zat merah, dan beuzoic acid. Pada K daunnya terkandung alkaloid, saponin, tanin, glucoside, dan calcium oksulat. Sementara pada kulit kayu terkandung plumbagin, lumbagol, tanin, zat samak, alkaloid, saponin, dan kalsium oksalat.
Efek farmakologis yang dimiiki oleh bunga kembang merak di antaranya melancarkan sirkulasi darah dan haid, abortivum, dan emenagogum. Selain itu, kulit kayu kembang merak mempunyai efek kelat dan berfungsi sebagai peluruh haid.

Khasiat dan Manfaat Kembang Coklat
1. Ayan (epilepsi) dan gangguan fungsi hail, terutama untuk gejala hepatitis tahap awal
Rebus 10 g herba kembang cokelat dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum air rebusan dua kali sehari masing-masing ½ gelas.

2. Kejang pada anak
Rebus 15 g daun kembang cokelat segar dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum air rebusan dua kali sehari masing-masing 1/2 gelas.
Cara lain, lumatkan 15 g herba kembang cokelat, lalu tambahkan garam. Tempelkan hasil lumatan herba pada pelipis.


3. Gangguan fungsi hati. Terutama untuk gejala hepatitis tahap awal.
10 gram tanaman direbus, minum.


Itulah Manfaat dan Khasiat Kembang Coklat  Jika ada saran dan kritik jangan ragu untuk menyampaikan. Jika ada khasiat lain yang belum tertera silakan tinggalkan komentar dalam bentuk komentar di bawah ini semoga bermanfaat bagi kita semua. 
 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat dan Khasiat Kembang Coklat