Monday, February 20, 2012

Khasiat Kenikir

Manfaat dan Khasiat Kenikir. Kenikir (Cosmos caudatus) atau ulam raja merupakan terna tropika yang berasal dari Amerika Latin, tetapi tumbuh liar dan mudah didapati di Florida, Amerika Serikat, serta di Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya. Kenikir adalah anggota dari Asteraceae.

Manakala tumbuhan bunga yang berwarna kuning jarang digunakannya sebagai ulam, yang berwarna ungu merupakan sayuran ulam yang sangat populer dimakan mentah bersama nasi atau dicacah dengan budu, sambal terasi, tempoyak, serta cincalok.Khasiat Kenikir dan Khasiat Jahe Merah bisa anda baca di blog Tanaman Obat Keluarga Sehat ini.

Nama ilmiah Kenikir: Cosmos caudatus

Nama daerah Kenikir:
Nama-nama daerah tanaman kenikir tersebut antara lain kenikir (Jawa Tengah), ulam rija (Melayu).

Kandungan Kimia dan Efek farmakologis Kenikir :
Tumbuhan kenikir memiliki rasa manis dan bersifat dingin. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam kenikir di antaranya saponin, flavanoid, polifenol, dan minyak asiri.
Efek farmakologis yang dimiliki oleh kenikir di antaranya penambah nafsu makan, penguat jantung, dan sebagai pengusir serangga.

Khasiat dan Manfaat Kenikir
1. Kurang nafsu makan
Cuci 100 g daun kenikir segar, lalu makan sebagai lalap mentah.

2. Lemah jantung
Cuci 100 g daun kenikir segar, lalu makan sebagai lalap mentah atau kukus daun kenikir segar dan makan sebagai lalap setengah matang. Cara lainnya, rebus daun kenikir dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Minum air hasil rebusannya.

3. Pengusir serangga
Tanam kenikir di antara tumbuhan yang akan dilindungi.


Itulah Manfaat dan Khasiat Kenikir  Jika ada saran dan kritik jangan ragu untuk menyampaikan. Jika ada khasiat lain yang belum tertera silakan tinggalkan komentar dalam bentuk komentar di bawah ini semoga bermanfaat bagi kita semua. 
 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Khasiat Kenikir