Sunday, February 19, 2012

Khasiat Larasetu

Manfaat dan Khasiat Larasetu. Larasetu (Vertiver zizanoides) mempunyai ciri-ciri Rumput menahun, tinggi dapat mencapai 1 meter. Batang lunak, beruas-ruas, berwarna putih. Daun tunggal, bentuk pita, ujung runcing. 

Pelepah memeluk batang, warna hijau keputih-putihan. Perbungaan bentuk bulir di ujung batang. Buah padi, berduri, berwarna putih kotor. Akar termasukakar serabut berwarna kuning. Bagian yang digunakan Akar dan minyak atsiri. 

Vetiveria zizanioides dapat tumbuh baik pada kondisi lingkungan sangat basah atau sangat kering. Rata-rata suhu maksimum yang mendukung pertumbuhannya adalah pada rentang 25°- 35°C; namun suhu absolut maksimumnya dapat mecapai 45°C. Vetiveria zizanioides tetap dapat tumbuh pada kondisi tanah tandus dan pada tipe tanah yang beragam. 

Vetiveria zizanioides dewasa dapat tumbuh pada tanah yang mengandung garam. Meskipun telah mengalami kebakaran, terinjak-injak, ataupun habis karena dimakan hewan, jenis rumput ini masih dapat tetap tumbuh. Khasiat Larasetu dan Khasiat Melinjo bisa anda baca di blog Tanaman Obat Keluarga Sehat ini.


Larasetu
Nama ilmiah Larasetu : Vertiver zizanoides

Nama daerah Larasetu :
Nama-nama daerah bagi Larasetu tersebut antara lain usa (Minangkabau), hapias (Batak), jamur(Sunda), larasetu (Jawa Tengah), kara westu(Jawa Timur), anggara wastu (Bali), narawestu (Makasar), ruju-ruju (Maluku).

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis Larasetu :
Beberapa bahan kimia yang terkansung daslam larasetu di antaranya saponin, flavonoida, tanin, dan minak asiri. Efek farmakologis larasetu di antaranya menyembuhkan rematik dan menolak serangga.

Khasiat dan Manfaat Larasetu

1. Mulut berbau busuk, nyeri tulang, demam, penyakit empedu, setelah bersalin
Tmbuk halus beberapa lembar daun larasetu, beberapa butir kapulaga, daun pegagan 1 genggam, peras, lalu minum sekaigus airnya sebelum makan.

2. Pewangi
Simpan akar larasetu kering dalam lemari untuk pewangi pakaian. Akar larasetu disuling, lalu gunakan untuk pewangi  parfum dan kosmetik.

3. Rematik
Tumbuk 5 g akar larasetu segar, lalu oleskan pada bagian yang sakit sebagai obat gosok.

Manfaat dan Khasiat Larasetu. Jika ada saran dan kritik jangan ragu untuk menyampaikan. Jika ada khasiat lain yang belum tertera silakan tinggalkan komentar dalam bentuk komentar di bawah ini semoga bermanfaat bagi kita semua. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Khasiat Larasetu